was successfully added to your cart.

5 KETERAMPILAN YANG PERLU DIASAH UNTUK MENCAPAI PUNCAK KARIER

By October 04,2016 Insights

Menjadi Karyawan di suatu perusahaan merupakan cita-cita banyak orang yang telah menyelesaikan pendidikannya. Kemudian setelah mendapatkan pekerjaan, setiap karyawan pastilah memiliki keinginan agar karier yang dimilikinya di perusahaan tempatnya bekerja terus meningkat bahkan sampai ke puncak karier  dan tidak hanya jalan ditempat. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan karier, kita harus mencari tahu apa yang dapat dikembangkan dan mengasah keterampilan yang dapat menunjang kinerja.

Berikut adalah keterampilan yang harus di asah agar dapat membantu kita untuk meningkatkan karier, yaitu :

 

1. Keterampilan dalam komunikasi

Komunikasi merupakan sarana yang penting untuk menjalin dan membangun kontak sosial. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kita dapat lebih mudah menyatakan identitas diri sehingga lebih mudah diingat dan dikenal oleh orang lain. Keterampilan komunikasi juga dapat membantu kita dalam menyampaikan ide-ide yang dapat membangun perusahaan. Ide-ide yang cemerlang untuk membangun perusahaan tersebut, tentunya hanya akan dipahami oleh rekan kerja maupun oleh atasan dengan penyampaian melalui komunikasi yang baik. Melalui kemampuan komunikasi kita dapat mempengaruhi lawan bicara sehingga dapat menerima dan menjalankan ide yang kita sampaikan.

 

2. Keterampilan dalam manajemen waktu

Keterampilan berikutnya yang perlu diasah untuk meningkatkan karier adalah keterampilan dalam manajemen waktu. Keterampilan manajemen waktu ini juga berhubungan dengan dapat menentukan skala prioritas. Dalam bekerja, kita tidak hanya melakukan satu pekerjaan atau tugas dalam satu waktu. Adakalanya kita juga mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Apabila hal ini terjadi dan kita tidak terampil dalam mengatur waktu, pastilah kita akan keteteran dan pada akhirnya tidak fokus dalam mengerjakan pekerjaan tersebut yang berdampak pada hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, kita harus dapat mengatur penyelesaian pekerjaan, hal ini misalnya dapat kita lakukan dengan membuat timeline sehingga dapat bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. 

 

3. Keterampilan untuk memperbaharui pengetahuan

Keterampilan berikutnya yang perlu diasah untuk dapat mencapai karier yang lebih baik adalah keterampilan untuk memperbaharui pengetahuan dan wawasan. Sebagaimana yang kita ketahui, setiap hari, pengetahuan, wawasan dan berita selalu berkembang. Kita harus jadi orang yang “kepo” agar tidak ketinggalan tentang pengetahuan, wawasan dan berita-berita baru tersebut. Pengetahuan baru tersebut dapat Kita serap dan yang sesuai dapat diaplikasikan dalam pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kinerja kerja.

 

4. Keterampilan dalam Menampilkan Diri

Untuk dapat meningkatkan karier, kita terkadang tidak hanya bisa bekerja dibelakang meja. Terkadang harus juga tampil di depan layar, bertemu langsung dengan orang-orang dan menunjukkan langsung hasil kerja kita. Dalam menampilkan diri di depan orang lain, kita dituntut untuk dapat tampil percaya diri sehingga dapat tampil lebih meyakinkan.

 

5. Keterampilan Dalam Mengevaluasi diri

Keterampilan lain yang harus dimiliki untuk dapat meningkatkan karier adalah mengevaluasi diri. Evaluasi diri sangat penting untuk mengetahui sejauh mana penilaian tentang hasil kerja yang telah kita hal apa saja yang terlewatkan. Selain itu, kita juga dapat bertanya kepada orang lain seperti rekan kerja maupun atasan tentang hasil kerja kita. Kritikan dan saran sangat kita perlukan untuk meningkatkan kemampuan diri.

 

Untuk meningkatkan karier memang perlu upaya lebih. Keterampilan di atas hanyalah sebagian kecil keterampilan yang perlu dikembangkan untuk dapat meningkatkan karier. Semakin banyak keterampilan yang diasah, maka semakin banyak keuntungan yang dimiliki dan puncak karier yang semakin cepat kita raih.  

 

 

For further information, please contact marketing@experd.com